Kodim 1421 dan 1401 Gencarkan Percepatan Tanam

Untuk meningkatkan indeks penanaman padi pada masa tanam Oktober – Maret ini, program percepatan tanam padi terus digencarkan. TNI AD bersama dinas terkait mengadakan pengawalan hingga pendampingan program ini, untuk mendorong ketersediaan pangan di wilayah Korem 142/Tatag,  Komandan Kodim 1421/Pangkep Letkol Inf Andrian Susanto mengatakan, program percepatan tanam padi yang dilaksanakan serentak ini dilaksanakan agar dalam waktu enam bulan ada peningkatan indek penanaman padi hingga dua kali.

Dengan ini diharapkan target masa tanam kedua saat kemarau tiba dapat tercapai,” jelasnya, setelah pelaksanaan tanam padi serentak bersama jajaran Babinsa Kodim 1421/Pangkep bersama kelompok tani dan PPL di kec. Baloci, Labakkang, kab. Pangkep  pada hari sabtu (16/1).

Hal serupa juga dilaksanakan oleh babinsa Kodim 1401/Majene dan kelompok tani pambuttungan di tamaende, kel. Malunda, telah dilaksanakan tanam padi pola tanam legowo 4:1 menggunakan mesin tanam resplanter dengan luas satu hektar. untuk petani ada bantuan pendampingan dan pengawalan dari Danramil dan Babinsa.. Untuk efektivitas dan efisiensi bantuan percepatan tanam padi ini, pihak Babinsa akan terus melaksanakan pemantauan, pengawasan, hingga pelaporan terhadap implementasi program tersebut. Evaluasi dari program tersebut juga akan dilaporkan oleh Babinsa pendamping petani. Apalagi komitmen untuk melaksanakan program percepatan tanam padi ini telah ditandatangani oleh petani dan juga petugas pengawas.

Dandim 1401/Majene Letkol Inf. Jamaluddin berharap petani dan berbagai pihak dapat terus bekerja sama dalam menyukseskan tanam padi. Apalagi wilayah malunda sering terjadi kekeringan dan berharap dengan percepatan tanam ini, hasilnya akan meningkat. ”Kami yakin, dengan kerja keras dan sinergi dari pemerintah, TNI, dinas terkait, dan petani, tujuan pencapaian ketersediaan pangan di Kab.Majene dapat tercapai. Apalagi selama kemarau juga telah diadakan perbaikan-perbaikan sejumlah sarana-prasarana pendukung pertanian,” katanya.

(Penrem 142/Tatag)

Check Also

Direktur Ajudan Jenderal TNI AD : HUT Korps mengandung nilai historis

Mamuju. Syukuran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 70 Ajudan Jenderal TNI Angkatan Darat …

.